Sabtu, 19 Oktober 2019

Karakterisasi Senyawa Organik Bahan Alam



Kimia Bahan Alam merupakan mengkaji dari jenis, dan fungsi pada senyawa metabolit yang terdapat didalam suatu organisme, dimana kimia bahan alam ini sangat terkait dengan obat-obatan, pestisida, dan kosmetik. Senyawa bahan alam yaitu segala bahan seperti mikroba, hewan, tumbuhan (poliketida, terpenoid, asam amino, protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat) kecuali mineral dan sintetik. Pada proses metabolisme itu dibagi dua menjadi metabolit primer dan metabolit sekunder.
Alkaloid
Alkaloid adalah suatu senyawa yang memiliki sifat basa, yang didalamnya terkandung atom nitrogen yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Alkaloid ini tidak berwarna, alkanoid ini seringkali bersifat optis aktif, dan pada suhu kamar  kebanyakan alkanoid memiliki bentuk kristal dibandingkan dalam bentuk cairan. Contohnya nikotin, kokain, teobromi. Dimana salah satu sumber alkanoid yang sering kita jumpai adalah tembakau dan coklat. Alkaloid juga memiliki efek yang dapat mempengaruhi neutrotransmisi dan sebagai penghambat kerja dari enzim.Alkaloid dengan atom nitrogen heterosiklik, dimana atom nitrogen terletak pada cincin karbonnya. Yang termasuk pada golongan ini salah satu nya adalah steroid.
Steroid mengandung 2 cincin karbon dengan 1 atom nitrogen dan 1 rangka steroid yang mengandung 4 cincin karbon.
Pada struktur diatas perbedaan jenis steroid ditentukan substituen R1, R2, dan R3. Perbedaan dalam satu kelompok tergantung juga pada panjang substituen R1, gugus fungsi substituen R1,R2, dan R3, serta jumlah dan posisi ikatan rangkap.
Pada kali ini saya akan membahas mengenai struktur pada hormon steroid, yang mana pada daarnya semua hormon steroid memiliki struktur yang sama. Struktur dasarnya adalah molekul siklopentanolperihidrofenantren. Molekul ini terdiri dari 3 buah cincin dari 6 atom karbon dan sebuah cincin dari 5 atom karbon. cincin dasar ini ditandai dengan huruf A,B,C dan D :
Struktur tersebut dibagi menjadi tiga kelompok utama berdasarkan jumlah atom karbon yang dimiliki yakni :
1. Seri karbon 21, struktur dasarnya adalah nucleus pregnane, yang termasuk dalam kelompok ini adalah kortikoid dan progestin
2. Seri karbon 19, struktur dasarnya adalah nucleus androstane, yang termasuk dalam kelompok ini adalah hormon androgen
3. Seri karbon 18, struktur dasarnya adalah nucleus estrange, termasuk disini hormon esterogen.
Ada tiga aspek yang mempengaruhi aktivitas :
a. Letak gugus pada cincin, aksial atau ekuatorial
b. Posisi gugus pada bidang, konfigurasi alfa atau beta, dan isomer cis atau trans
c. Konformasi cincin sikloheksan, bentuk kursi atau perahu
Terpenoid
Terpenoid adalah suatu senyawa yang didalam nya terkandung karbon dan hydrogen, dimana terpenoid ini disintesis dengan jalur metabolism asam mealonat. Yang termasuk golongan senyawa terpenoid mampu dipisahkan dari sumber tumbuhannya memalui destilasi uap atau ekstraksi. Terpenoid ini memiliki beberapa kelas yaitu : monoterpena, diterpena, triterpena, glikosida, dan sterol. Contohnya betakaroten, mentol, gossypol, digitogenin, spinasterol. Sumber dari terpenoid dapat ditemukan pada tumbuhan mint, kapas, bayam, dan tumbuhan lainnya.Terpenoid ini dapat juga mempengaruhi neutrotransmisi, sebagai penghambat kerja dari transfor ion, menghambat fosforilasi, toksik, stimulasi otot jantung, dan memberi pengaruh pada kerja hormon hewan.

Flavonoid (Fenolik)
Fenolik adalah suatu senyawa yang dibuat dari gula sederhana dan pada struktur kimianya mempunyai cincin benzena, hidrogen dan oksigen. Senyawa flavonoid memiliki tanggung jawab pada zat warna yang terdapat pada tumbuhan seperti warna ungu, merah, biru dan sebagian warna kuning. Flavanoid memiliki kelas yaitu : asam fenolat, tannin, dan lignin. Contohnya kafeat, gallotanin, lignin. Sumber dari flavanoid dapat kita temukan pada tanaman, kacang-kacangan. Flavanoid dapat menyebabkan kerusakan oksidatif, menghambat digesti, mengikat protein, dan antioksidan.

PERMASALAHAN

1.  Mengapa metabolit sekunder hanya dapat diproduksi dalam jumlah kecil, sedangkan metabolit primer mampu diproduksi dalam jumlah besar? Apa saja faktor yang mempengaruhinya?
2.     Fungsi metabolit sekunder dalah untuk mempertahankan diri dari kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan, misalnya untuk mengatasi hama dan penyakit. Lalu bagaimana apabila pada suatu organisme tidak terdapat metabolit sekunder? Apakah akan memberikan pengaruh terhadap organisme ? atau sebaliknya tidak mempengaruhi organisme?
3.   Mengapa kandungan senyawa flavanoid ini bila berinteraksi dengan beberapa jenis obat bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh? Sedangkan flavanoid ini dikatakan sebagai antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang baik untuk tubuh.

3 komentar:

  1. 3. Kandungan senyawa flavonoid rupanya dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Misalnya kandungan flavonoid naringenin yang dapat ditemukan di jeruk bali, terbukti dapat mengganggu kinerja obat.

    BalasHapus
  2. Hai lara perkenalkan nama saya ira, saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1. Menurut saya yang menjadi faktor metabolit sekunder hanya dapat diproduksi dalam jumlah kecil adalah karena adanya perbedaan metabolit sekunder yang dihasilkan dari setiap organisme,setiap organisme menghasilkan metabolit sekunder yang berbeda-beda satu sama lain. yang nantinya metabolit sekunder ini digunakan untuk penyesuaian diri didalam lingkungannya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb.
    Saya Khairil Liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2 dari lara.
    Pada umumnya, metabolite sekunder ini dihasilkan oleh tumbuhan, yang mana berfungsi untuk pertahanan diri bagi tumbuhan tersebut. Tetapi, metabolite sekunder ini tidak selalu dihasilkan. Produksi metabolite sekunder ini hanya pada saat dibutuhkan saja.
    Jadi, apabila suatu organisme tidak terdapat metabolite sekunder, tidak akan berpengaruh, karena apabila dibutuhkan metabolite sekunder ini akan diproduksi.

    Terimakasih.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa Kimia Organik

Pada blog kali ini akan dibahas mengenai Kekuatan asam dan basa kimia organik, maka sebelum itu perlu diketahui teori-teori yang ada pada a...