Sabtu, 09 Maret 2019

Mekanisme Reaksi Bersaing SN2 dan E2


   Substitusi yaitu sebuah atom, ion atau gugus yang disubstitusikan sebagai pengganti atom, ion atau gugus lainnya. Sedangkan eliminasi yaitu suatu alkil halida direaksikan dengan basa kuat, dimana molekul akan kehilangan atom atau ion dari struktur reaksinya.

 Reaksi SN2 merupakan substitusi nukleofilik Bimolekula. Dan reaksi E2 merupakan reaksi yang terjadi jika alkil halida direaksikan dengan basa kuat. Reaksi SN2 akan terjadi bila digunakan pelarut yang lebih polar, dan konsentrasinya yaitu basa sedang dan suhu yang juga sedang.


   Reaksi E2 akan terjadi bila digunakan pelarut yang kurang polar, dan konsentrasi bacanya tinggi serta suhunya juga tinggi. Berbeda dengan reaksi E1, konfigurasi stereokimia yang tidak sama dapat dihasilkan pada reaksi yang mempunyai mekanisme eliminasi E2 karena pada basa akan lebih menyukai eliminasi proton yang posisinya berada pada anti terhadap gugus yang lepas. Oleh karena keadaan atau kondisi dan respon reaksi yang sama, eliminasi E2 selalu bersaing dengan substitusi SN2.

  Halida primer dapat beraksi melalui mekanisme reaksi SN2 dan reaksi E2 karena pada mekanismenya tidak terionisasi menjadi sebuah ion karbonium.

PERMASALAHAN
  1. Pada reaksi SN2 dan E2 memiliki kondisi keadaan yang sama, sehingga menyebabkan terjadinya reaksi bersaing. Lalu bagaimana dengan perbedaan reaksi SN2 dan reaksi E2? Sebutkan.
  2. Bagaimana pengaruh laju pada reaksi bersaing SN2 dan E2?
  3. Reaksi bersaing SN2 dan E2 memiliki faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya reaksi tersebut, apa saja faktor-faktor  utama yang berperan pada reaksi bersaing ini? Jelaskan.

3 komentar:

  1. Haaii Lara, saya Sulviana Putri dengan NIM A1C117074 akan mencoba menjawab permasalahan pertama. Perbedaan antara SN2 dan E2 adalah alkil halidanya, yang mana bila alkil halidanya primer akan cenderung menghasilkan SN2, pada E2 dapat digunakan berbagai macam alkil halida yaitu primer, sekunder dan tersier. Lalu pada reaksi bersaing SN2 ini memerlukan nukleofil yang baik sedangkan E2 memerlukan basa yang baik. Semiga membantu :)

    BalasHapus
  2. Hallo..
    Saya Riska dengan Nim (A1C117076) Saya akan membantu menjawab permassalahan nomor 3, faktor yang mempengaruhi reaksi SN2 dan E2 bisa kita lihat dari struktur alkil halida (substrat), struktur basa dan temperatur. Persaingan produk SN2 dan E2 dipengaruhi oleh struktur alkil halida dan struktur basa, semakin meruah struktur dan basanya makin tinggi produk E2. Kemudian makin tinggi suhu yang dipakai, maka semakin banyak pula produk E2.

    BalasHapus
  3. Hallo lara..
    Saya Yuli Pertiwi dengan NIM A1C117020 akan mencoba menjawab permasalahan kedua. pengaruh laju pada reaksi bersaing ini adalah ketika lajunya semakin tinggi, maka akan cenderung terjadi reaksi eliminasi E2. Hal ini dikarenakan energi aktivasi pada reaksi E2 lebih beasar. terimakasih.
    semoga membantu

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa Kimia Organik

Pada blog kali ini akan dibahas mengenai Kekuatan asam dan basa kimia organik, maka sebelum itu perlu diketahui teori-teori yang ada pada a...