Sabtu, 24 Agustus 2019

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik



Apa itu Konformasi ?

Konformasi yaitu sebuah penataan ruang yang tertentu dari atom – atom yang terdapat didalam molekul. Untuk menyatakan konformasi maka digunakan 3 jenis rumus, yaitu : Rumus dimensional, rumus bola dan pasak, dan proyeksi newman.
Rumus dimensional dan rumus bola dan pasak merupakan representasi 3 dimensi dari model molekul  pada suatu senyawa. Sedangkan rumus proyeksi newman adalah suatu pandangan yaitu pada ujung ke ujung dari 2 atom karbon didalam molekul itu. Berikut ini struktur dari ketiga rumus tersebut :


Apa itu Stereokimia ?

Stereokimia adalah sebuah pengetahuan yang memberikan fasilitas suatu dasar untuk dapat memahami struktur, suatu mekanisme reaksi, serta produk sintesis didalam kimia organik.

Konformasi memiliki 3 jenis :
1. Eklips (konformasi goyang)
    Yaitu, konformasi yang kurang stabil atau lebih tinggi energinya dibandingkan dengan konformasi goyang. Hal ini dikarenakan adanya suatu tolak-menolak diantara elektron-elektron ikatan dan atom-atom hidrogen.

2. Gausch
   Yaitu, konformasi dimana atom-atom hidrogen atau gugus terpisah jauh antara satu dengan lainnya, hal ini dikarenakan ikatan C-C dapat berotasi.


3. Staggered
   Yaitu, konformasi dimana gugusnya bersebrangan dan staggered adalah konformasi yang paling stabil.


PERMASALAHAN
1. Mengapa ada tolak menolak pada konformasi eklips?
2. Bagaimana gambaran bentuk ikatan yang terjadi pada suatu proyeksi Newman?
3. Mengapa konformasi staggered lebih stabil dibanding konformasi eklips?




3 komentar:

  1. Hay lara, saya ulin ayu wulandari ( A1C117024 ) saya akan coba menjawab permasalahan no 2. Suatu proyeksi newman merupakan pandangan dari ujung ke ujung dari dua atom karbon saja dari molekul itu. Ikatan yang menhubungkan kedua atom ini. Ketika ikatan dari karbon depan tampak menuju ke pusat proyeksi, dan ketiga ikatan dari karbon belakang hanya tampak sebagian.

    BalasHapus
  2. Hai Lara.. perkenalkan nama saya Riska dengan NIM (A1C117076) saya akan membantu menjawab permasalahan nomor 3. Mengapa konformasi stagerred lebih stabil dibandingkan konformasi eklips, kita ketahui bahwa dari konformasi eklips yang paling tidak stabil dikarenakan spesies sejenis yang terletak saling berdampingan yang membuat tolakan antar elektron sangan besar. sedangkan pada konformasi stagerred memiliki gugus prioritasnya yang saling bersebrangan yang membuat tolakan antar elektronnya sangat rendah ini lah yang membuat konformasi stagerred lebih stabil dibandingkan konformasi eklips.

    BalasHapus
  3. Hai, saya Siti May Saroh dengan NIM A1C117048, akan mencoba menjawab permasalahan nomor 1, menurut saya adanya tolak menolak pada konformasi eklipse itu disebabkan karena konformasi eklips itu sendiri kurang stabil. konformasi eklips itu kan mudah untuk berotasi yang menimbulkan energi dan molekul molekul saling tolak menolak. nah semakin besar energi yang dihasilkan, semakin kurang stabil. semoga membantu:)

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa Kimia Organik

Pada blog kali ini akan dibahas mengenai Kekuatan asam dan basa kimia organik, maka sebelum itu perlu diketahui teori-teori yang ada pada a...