Jumat, 15 Februari 2019

Mekanisme Reaksi Substitusi Nukleofilik SN1



Reaksi SN1
Alkil halida tersier mengalami substitusi dengan suatu mekanisme yang berlainan, yang disebut reaksi SN1 (substitusi, nukleofilik, unimolekular). Pengaruh konsentrasi nukleofil pada laju keseluruhan reaksi SN1 sangat kecil, kontras dengan reaksi SN2, dimana laju berbanding lurus dengan konsentrasi nukleofil. Reaksi SN1 adalah reaksi ion. Mekanismennya kompleks karena adanya antar aksi antara molekul pelarut, molekul RX, dan ion-ion antara yang terbentuk.

Mekanisme Reaksi SN1
Reaksi SN1 suatu alkil halida tersier adalah reaksi bertahap. Tahap pertama berupa pematahan alkil halida menjadi sepasang ion yaitu ion halida dan suatu karbokation, pada suatu ion yang mana atom karbon mempunyai suatu muatan positif. Karena reaksi SN1 melibatkan ionisasi, reaksi-reaksi ini dibantu oleh pelarut polar, seperti H2O yang dapat menstabilkan ion dengan cara solvasi.


Tahap 2 adalah penggabungan karbokation itu dengan nukleofil (H2O) menghasilkan produk awal, suatu alkohol berproton.


Tahap terakhir ialah kepadanya H+ dari dalam alkohol berproton pada suatu reaksi asam basa yang cepat dan reversibel dengan pelarut.


Karbokation itu adalah zat antara dalam reaksi, suatu struktur yang terbentuk dalam reaksi dan bereaksi lebih lanjut menghasilkan produk.
PERMASALAHAN
1. Mengapa alkil halida tersier hanya dapat bereaksi secara SN1, sedangkan secara SN2 tidak. Jelaskan.
2. Mengapa tahap 1 (ionisasi) disebut tahap lambat dalam proses keseluruhannya? Jelaskan
3. Jelaskan kegunaan pelarut polar dalam mekanisme reaksi SN1.

2 komentar:

  1. Nama: Vinni Sridayanti
    Nim : A1C117030
    Saya akan mencoba membantu menjawab permasalahan no.2,
    Tahap 1 atau tahap ionisasi disebut tahap lambat karena pada tahap ini gugus pergi perlu disolvasi terlebih dahulu oleh pelarut agar terjadi ionisasi membentuk karbokation, karena karbokation memiliki energi yang tinggi sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk mengalami pembentukan karbokationnya.

    BalasHapus
  2. Haii Lara, saya Sulviana Putri dengan NIM A1C117074 akan mencoba menjawab pertanyaan pertama.
    Karena pada reaksi SN1 ini memerlukan beberapa tahap dan juga melalui perantara karbokation, sehingga alkil halida tersier ini digunakan pada reaksi SN1. Pada reaksi SN2 tidak digunakan alkil halida tersier karena hanya berlangsung satu tahap, sehingga yang digunakan adalah primer dan sekunder. Semoga membantu :)

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa Kimia Organik

Pada blog kali ini akan dibahas mengenai Kekuatan asam dan basa kimia organik, maka sebelum itu perlu diketahui teori-teori yang ada pada a...