Senin, 09 September 2019

Persenyawaan Kimia Organik Heterosiklik



Apa itu senyawa heterosiklik?

Senyawa heterosiklik merupakan suatu senyawa organik yang memiliki cincin, dan cincin ini terdapat lebih dari 1 jenis atom kecuali atom karbon. Nah atom yang sering ditemui yaitu oksigen, nitrogen, dan sulfur.  Berikut ini beberapa contoh senyawa heterosiklik yaitu :




Senyawa heteosiklik berdasarkan aromatisitas juga terdapat yang aromatik dan non aromatik. Heterosiklik aromatik itu mengandung nitrogen yang penting yaitu piridina, sedangkan heterosiklik non aromatik yaitu amina siklik seperti morfina, hemisetal siklik seperti glukosa, dan etilena oksida dan eter siklik lain. Heterosiklik non aromatik memiliki perilaku yang sana seperti analog asikliknya dan tidak membutuhkan hal yang khusus.

Piridina atau pyridine mempunyai struktur yang sama dengan benzene. Piridin ialah hibrid resonansi dari struktur tipe-Kekule.




Dikarenakan ikatannya memiliki kesamaan, bentuk dari piridina menyerupai benzena. Piridina merupakan senyawa aromatik dimana reaksinya cenderung mengalami reaksi substitusi, tidak reaksi adisi.

Heterosiklik aromatik dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) adalah senyawa yang mungkin sebagai penyebab polusi (polutan) udara. Beberapa senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan amina heterosiklik (HCA) sudah diidentifikasi memiliki sifat karsinogenik, mutagenik, dan teratogenik.


PERMASALAHAN


  1. Bagaimana cara untuk mengurangi terbentuknya PAH dan HCA dalam masakan daging yang diolah dengan cara dipanggang, microwave, atau pemanasan terlalu tinggi dan lama? ( Ruslan )
  2. Tentu diantara benzena dan piridina memiliki suatu perbedaan, jelaskan apa saja perbedaan diantara benzena dan piridina?
  3. Jelaskan bagaimana akibat dari jenuhnya senyawa heterosiklik?

3 komentar:

  1. Asalamualaikum wr wb
    Hai lara nama saya ruslan rabani dengan nim a1c117028
    Saya mencoba membantu menyelesaikan permasalahan no 1

    Jadi cara mengurangi terbentuknya PAH dan HCA itu lebih ke prosedur memasak maupun memanggang daging itu sendiri berikut ini tata caranya : Hindari kontak langsung daging dengan api, Usahakan menggunakan microweve, secara terus menerus daging di bolak-balikkan, buang arang yg menempel pada daging, dan jangan makan tetesan minyak hasil panggangan.

    Trimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr. Wb
    Hello lara, saya Emy yulia Nim A1C117064 disini saya akan membantu menjawab permasalahan pada no 2.
    Menurut saya hal yang membedakan antara piridina dan benzena itu pada piridina memiliki satu atom hidrogen yang bersifat elektronegatif maka dari itu si piridina ini bersifat polar sedangkan benzena bersifat nonpolar. Piridina ini juga tidak bisa di alkilasi dan diasilasi seperti yang terjadi pada benzena melalui reaksi friedel crafis. Piridina dapat disubstitusi oleh bromin hanya pada suhu tinggi.
    Terimakasih semoga membantu yaaa..

    BalasHapus
  3. Nama : yossy mahardani
    Nim : A1C117034
    Saya akan mencoba no. 3
    Akbat dari jenuhnya senyawa heterosiklik akan mengakibatkan rusaknya struktur dari aromatik sehingga merusak juga sifat-sifat kearomatikannya. Dengan hal demikian senyawa jenuh ini akan bersifat lebih basa mengingat elektron bebas itu dapat bereaksi dengan asam
    Semoga membantu.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa Kimia Organik

Pada blog kali ini akan dibahas mengenai Kekuatan asam dan basa kimia organik, maka sebelum itu perlu diketahui teori-teori yang ada pada a...